Rabu, 06 Maret 2013

Manfaat sedekah memberikan kebahagiaan

Manfaat sedekah memberikan kebahagiaan



Manfaat sedekah akan memberikan kebahagiaan. Bagi si pemberi sedekah maupun penerima sedekah. Salah satu ciri orang yang beriman adalah mengeluarkan hartanya di jalan Allah. Sedekah merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan. Seharusnya tidak ada rasa enggan untuk melakukan sedekah karena sudah jelas kemanfaatannya.
Dalam Q.S Al-Baqarah : 254 sudah jelas disebutkan yaitu “Wahai orang-orang yang beriman! Sebarkanlah sebahagian dari apa yang telah Kami berikan kepada kamu, sebelum tibanya hari (kiamat) yang tidak ada jual beli padanya dan tidak ada kawan teman (yang memberi manfaat), serta tidak ada pula pertolongan syafaat dan orang-orang kafir, mereka itulah orang-orang yang zalim.”
Anjuran untuk melakukan sedekah pun telah dijelaskan secara jelas. Sudah seharusnya tidak memikirkan untung ruginya karena sudah jelas apa Manfaat sedekah itu.

Manfaat sedekah bagi pemberi sedekah

Manfaat sedekah akan memberikan kebahagiaan bagi pemberi sedekah karena ia bisa membantu orang lain. Dengan memberikan sedekah akan ada semangat lagi dalam mencari rezeki agar terus bisa berbagi. Jika sedekah telah menjadi bagian hidupnya maka seseorang akan merasa bahagia dan ia akan tetap yakin akan jalan rezeki yang akan diberikan Allah SWT. Terlebih bagi orang yang diberikan segala kemudahan setelah melakukan sedekah. Secara otomatis ia juga akan mengulangi lagi untuk berbagi sedekah dengan orang lain. Meskipun jumlah atau apa yang disedekahkan tidak selalu sama.
Apalagi Allah SWT juga memberikan peringatan kepada kita dalam firmanNya, “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pembayarannya) kepada mereka ; dan bagi mereka pahala yang banyak.”(QS. Al-Hadid:18).
Sehingga  sedekah pun tetap diberikan. Terkadang uang, barang, tenaga atau sikap dan senyuman ramah tehadap orang lain. Tetapi karena ia telah merasakan Manfaat sedekah maka ia menjalankannya dengan rasa bahagia dan tenang tanpa paksaan.

Manfaat sedekah bagi penerima sedekah

Manfaat sedekah bagi penerima sedekah tentu saja dapat mengurangi beban yang sedang diembannya. Bagi mereka beban tersebut bisa saja dianggap sebagai cobaan agar mereka bertahan. Karena mereka meyakini Allah SWT akan membantu mereka dengan jalan yang tidak mereka sebelumnya, salah satunya melalui sedekah yang mereka terima. Sedekah itu pula akan membuat semangat mereka berlipat untuk melanjutkan kehidupan. Melalui sedekah tersebut akan semakin membuatnya bersyukur bahwasanya Allah SWT akan selalu membantu semua umat-Nya tanpa terkecuali dan dengan cara yang tidak diduga-duga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar